[Tutorial Laravel] Edit Data #7

Assalamualaikum, welcome back to my channel. Sekarang kita akan melanjutkan pembahasan kita mengenai CRUD, lebih tepatnya cara edit data untuk kemudian kita update ke database. Oke langsung saja buka code editor kalian. Coba kalian cek pada file view mahasiswa.blade.php (yang kalian gunakan untuk menampilkan data). Jika kalian mengikuti tutorial ini dari awal, sebenarnya kita sudah membuat link untuk edit. Lihat gambar berikut.

link edit

Tanda panah merah di atas menunjukkan link edit. Jika kita klik, maka akan mengarahkan kita ke route /home/edit/{{ $mhs->id }}. Nah disini kita akan mengirim data id mahasiswa melalui url, maka dari itu pada fungsi “edit” nanti kita harus menangkapnya dengan fitur “Request” yang disediakan oleh laravel. Ada 2 jenis Request pada laravel, melalui URI dan melalui POST.
Oke, sekarang mari kita buat fungsi “edit” pada HomeController sekaligus kita buat route nya.

route edit

membuat fungsi edit

Mari kita analisa kode diatas:
  • Perhatikan pada kode route /home/edit/{id} , kita mengirim id mahasiswa melalui url dengan nama {id}.
  • Kemudian pada fungsi edit kita menangkapnya dengan parameter $id.
  • Selanjutnya kita ambil data mahasiswa berdasarkan id yang kita terima dengan sintaks DB::table('mahasiswa')->where('id', $id)->get();.
  • Terakhir kita lempar datanya ke view edit.
Sekarang kita buat file edit.blade.php dengan isi kode seperti berikut.

view form edit

Hampir sama dengan form tambah data, bedanya kita disini tambahkan value tiap field dan field input dengan type hidden untuk menerima id mahasiswa. Cara menampilkan value ini pun sama dengan cara menampilkan data dari database. Terakhir, action-nya kita arahkan ke route /home/update untuk menjalankan fungsi update. Sekarang kita buat route-nya beserta fungsi update pada HomeController.

route update



fungsi update

Kalian amati kode di atas. Pertama untuk route harus menggunakan method post, karena kita akan mengirim data melalui form. Kemudian pada gambar/kode “fungsi update”, jika kalian mengikuti tutorial sebelumnya tentang cara menambahkan data, pasti sudah paham kode di atas. Jika belum silahkan lihat disini. Bedanya pada sintaks update ini kita menggunakan fungsi where('id_table',id yang diterima). Kemudian terakhir tambahkan fungsi update() dengan isi table yang ingin di update. Terakhir, redirect ke route /home. Dan inilah hasilnya.

kita ubah nama NANA IGUANA

ubah menjadi NANA




data berhasil diubah

Oke sekarang kita sudah bisa melakukan Create, Read, dan Update. Terakhir kita akan belajar bagaimana Caranya Delete Data. Sekian semoga bermanfaat Wassalamualaikum, wr. wb.

Posting Komentar

0 Komentar