[Tutorial Laravel] Penjelasan Route dan View #2

Assalamualaikum, welcome back again gaes. Oke sekarang kita akan langsung belajar tentang Route dan View. Ini adalah dasar yang harus kita kuasai sebelum nanti lanjut ke tahap berikutnya. Mari kita lihat penjelasan masing — masing.

Route dapat diartikan sebagai jalur atau rute sebuah projek yang ingin dieksekusi. Contoh yang akan sering kita temui nanti ketika misal kita membuat route bernama “profil” maka ketika diakses melalui url, misal localhost/profil maka akan menjalankan perintah yang terdapat dalam route tersebut, bisa menampilkan view langsung ataupun menjalankan controller yang ada dalam route tersebut. Sedangkan View adalah tampilan halaman yang ingin kita tampilkan. Biar lebih jelas perhatikan gambar dibawah ini. Sebelumnya buka file web.php pada folder routes.

file web.php

Perlu dicatat bahwa Kode diatas adalah bawaan dari package laravel yang telah kita install. Perhatikan pada kode di dalam kotak merah, maksud kode tersebut adalah kita akan menjalankan direktori awal ( / ) yang nantinya akan menampilkan view “welcome”.

Perhatikan penulisan view “welcome” pada nama file (sebelah kiri yang diberi arah panah dengan yang berada pada kode route. Nah dalam penulisan nama filenya, kita perlu menambahkan [dot]blade setelah nama file (welcome) ini merupakan format bawaan dari laravel, untuk saat ini ikuti saja lah ya. Nanti akan dijelaskan lebih detail mengenai templating blade pada sesi lain.

Kemudian untuk memanggil view pada route kita hanya perlu menuliskan “welcome”. Berikut adalah tampilan dari view “welcome”.

view welcome

Agar lebih percaya, mari kita modifikasi file welcome.blade.php dengan mengganti kata laravel dengan nama kalian. Perhatikan gambar di bawah ini.

file welcome.blade.php

Nah sudah diganti dengan nama kalian kan? Ingat!!! Jangan lupa untuk di save terlebih dahulu, kemudian silahkan refresh browser kalian, dan taraaaaaa ini lah hasilnya.

view welcome setelah diedit

Gimana mudahkan? Setelah ini kita akan belajar bagaimana cara membuat route kita sendiri. Terimakasih jangan lupa untuk follow akun ini ya, agar tidak ketinggalan informasi lebih lanjut. 
Selanjutnya kita akan belajar dan praktik Cara Membuat Route. Sekian Wassalamualaikum, wr. wb.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama