[Tutorial Laravel] Cara Membuat Route #3

Assalamualaikum, welcome back again. Sekarang kita akan melanjutkan pembahasan kita mengenai route dan view. Pada sesi ini kita akan belajar membuat route kita sendiri. Oke langsung aja buka file web.php kemudian tambahkan kode seperti yang dilingkar merah berikut. Kalian juga bisa copas dari kode yang sebelumnya.

membuat route home

Jika kalian perhatikan kode diatas, terdapat beberapa perbedaan. Oke sekarang anggap aja route yang paling atas adalah R1 dan yang dibawahnya (yang dilingkaran merah) adalah R2.
Pada R1 kita akan mengakses direktori awal atau root ( / ) sedangkan pada R2 kita akan mengakses route /home atau jika ditulis lengkapnya nanti menjadi localhost:8000/home.

Kemudian pada R1 kita akan menjalankan fungsi untuk mengembalikan (return) atau menampilkan view welcome. sedangkan pada R2 kita akan menampilkan teks “Selamat Datang di Home”. Ohh berarti tidak harus menampilkan view? Yaps betul sekali, seperti di penjelasan awal, nanti kalian juga menjalankan fungsi Controller melalui route ini. Jika kita jalankan, maka akan tampil seperti ini.

view home

Selanjutnya kita akan membuat route localhost:8000/profil untuk mengakses view profil.blade.php. Buat kalian yang belum buat file profil silahkan buat dulu, letakkan pada folder resources => views (pokoknya satu folder dengan file welcome tadi. Kemudian ketikkan pada kode pada lingkaran merah berikut pada file web.php.

membuat route profil

Pada kode di atas kita akan membuat route /profil yang nantinya akan menampilkan view profil. Pada file view profil.blade.php seperti gambar dibawah ini, pada bagian body kita tambahkan teks “Hallo, Saya Jauhar”.

file profil.blade.php

Setelah selesai dibuat jangan lupa untuk disimpan, kemudian jalankan url-nya dengan route yang sudah kita buat yaitu localhost:8000/profil. Maka akan tampil seperti ini.

tampilan profil

Okey terimakasih gaes buat kalian yang sudah mengikuti tutorialnya sampai tahap ini. Selanjutnya kita akan belajar Cara Membuat Controller. Jangan lupa untuk follow akun ini, agar kalian tidak ketinggalan informasi seputar dunia Web development. Sekian semoga bermanfaat Wassalamualikum, wr. wb.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama