[Tutorial Laravel] Cara Membuat Controller #4

[Tutorial Laravel] Cara Membuat Controller
Assalamualaikum, welcome back again gaes. Sekarang kita akan melanjutkan pembahasan kita mengenai Controller. Pada sesi ini kita akan belajar membuat Controller serta bagaimana menghubungkannya dengan route. Oke langsung aja buka Visual Studio Code kalian. Kemudian buat file Controller.

Ada dua cara yang bisa digunakan, pertama buat dengan cara manual dengan membuat file Controller di folder App/Http/Controller. Tapi saya menyarankan cara yang kedua, yaitu dengan menggunakan command line yang sudah disediakan oleh laravel. Ketikkan kode yang di highlight warna kuning berikut pada terminal.

[Tutorial Laravel] Cara Membuat Controller
membuat controller

Kemudian perhatikan pada folder App/Http/Controller, disana kita sudah dibuatkan file Controller secara otomatis oleh laravel. Perhatikan gambar berikut.

[Tutorial Laravel] Cara Membuat Controller
file controller

Selanjutnya silahkan buka file yang sudah kita buat dan mari kita analisa file controller tersebut. Sekarang perhatikan gambar berikut.

[Tutorial Laravel] Cara Membuat Controller
file HomeController.php

Jika kita perhatikan, kita sudah mendapatkan kode tersebut otomatis dari laravelnya. Sekarang perhatikan tanda panah kuning. Penulisan kelas harus sama dengan nama file (perhatikan huruf kecil dan besar). Karena ini dibuat menggunakan bantuan perintah laravel, jadi sudah pasti benar. Namun jika kita buat manual, maka harus hati-hati. Kemudian tanda panah warna merah, yang artinya kelas ini harus Extends kelas Controller (sudah disediakan oleh laravel).

Lalu bagaimana cara menjalankan Controller kita melalui route. Hampir sama seperti cara kita memanggil view menggunakan route. Namun disini kita hanya perlu mengganti kode function dengan controller yang ingin kita eksekusi. Coba ketikkan kode berikut pada file web.php, perhatikan gambar berikut.

[Tutorial Laravel] Cara Membuat Controller
membuat route HomeController

Oke mari kita analisa satu per satu kode berikut
  • /home = adalah route yang akan kita gunakan untuk mengakses HomeController
  • HomeController@index = ini menginisiasikan bahwa kita akan menjalankan method atau fungsi index pada controller HomeController.
Sekarang mari kita cek langsung apakah berhasil. Namun sebelumnya kita perlu menambahkan fungsi index pada HomeController. Ketikkan kode berikut.

[Tutorial Laravel] Cara Membuat Controller
membuat fungsi index

Nah sekarang jalankan php artisan serve pada terminal untuk membuat servernya. Selanjutnya langsung tes di browser. Dan inilah hasilnya.

[Tutorial Laravel] Cara Membuat Controller
tampilan home

Oke, sekarang kita sudah berhasil menjalankan route home. Selanjutnya kita akan belajar bagaimana melakukan konfigurasi database untuk nantinya menampilkan data dari database ke view melalui controller. Sekian semoga bermanfaat, Wassalamualaikum, wr. wb.

Posting Komentar

0 Komentar