[Tutorial Laravel] Menampilkan Data #5

[Tutorial Laravel] Menampilkan Data

Assalamualaikum, welcome back to my channel. Sekarang kita akan melanjutkan pembahasan kita mengenai CRUD, lebih tepatnya cara menampilkan data dari database. Mengingatkan kembali bahwasanya untuk mengikuti tutorial ini, setidaknya kalian sudah bisa membuat program CRUD dengan PHP native (tanpa framework) atau dengan kata lain kalian sudah mengerti sintak MySQL berupa SELECT, INSERT, UPDATE, dan DELETE. Sekarang silahkan buat database di localhost kalian (jangan lupa aktifkan XAMMP kalian). Kemudian buat table dengan isi kurang lebih seperti berikut. Jangan lupa tambahkan data dummy yang ditambahkan secara manual melalui phpmyadmin.

[Tutorial Laravel] Menampilkan Data
tabel mahasiswa

Disini saya membuat database dengan nama “latihan” kemudian membuat tabel dengan nama “mahasiswa” dengan isi kolom seperti gambar di atas. Selanjutnya kita harus mengkonfigurasi pengaturan database pada file .env. Sebenarnya untuk melakukan konfigurasi ini dapat dilakukan pada file config/database.php, tapi saya lebih menyarankan untuk melakukannya di file .env karena laravel akan lebih mendahulukan konfigurasi pada file .env daripada di file config/database.php

Misal di file config/database.php kita membuat nama database-nya menjadi “user” dan di file .env kita membuat nama database-nya menjadi “admin”, maka yang digunakan adalah database “admin”. Langsung aja kalian atur database kalian seperti gambar berikut.

[Tutorial Laravel] Menampilkan Data
pengaturan database di file .env

Perhatikan garis merah di atas adalah yang harus kalian ganti sesuai database kalian. Jika sudah jangan lupa untuk simpan perubahan kalian.

Selanjutnya kita akan langsung prakterk membuat CRUD Laravel menggunakan query builder.

Sebenarnya ada dua cara, pertama menggunakan query builder dan kedua menggunakan eloquent. Untuk tutorial kali ini kita menggunakan query builder. Dan untuk eloquent akan dibahas di sesi lain.
Disini saya menggunakan Controller HomeController yang sudah kita buat tadi. Lalu ubah isi fungsi index seperti berikut.

[Tutorial Laravel] Menampilkan Data
mengambil data mahasiswa dengan query builder

Mari kita analisa kode diatas.
  • Kalian harus menambahkan kode use Illuminate\Support\Facades\DB; letakkan sebelum kelas HomeController. Kode ini berguna untuk menjalankan query builder.
  • Tambahkan kode $mahasiswa = DB::table(‘mahasiswa’)->get(); untuk memanggil data dari tabel mahasiswa. Jika kalian membuat di PHP Native, kode ini sama dengan SELECT * FROM mahasiswa.
  • Tambahkan kode return view(‘mahasiswa’, [‘mahasiswa’ => $mahasiswa]); untuk mengirim data ke view mahasiswa.
Kemudian buat file view dengan nama mahasiswa.blade.php pada folder resources/views. Lalu ketikkan kode seperti berikut.

[Tutorial Laravel] Menampilkan Data
view mahasiswa

Perhatikan kode di atas, mari kita analisa.
  • Untuk menampilkan data kita menggunakan sintaks @foreach($mahasiswa as $mhs) dan ditutup dengan sintaks @endforeach. Sintaks ini berbeda dengan sintaks PHP Native seperti yang kita gunakan biasanya bukan? Nah disinilah salah satu fungsi fitur blade yang disediakan oleh laravel.
  • Untuk pemanggilan data per-kolom kita menggunakan double kurung kurawal. Nah ini juga salah satu kelebihan dari fitur blade. Jadi kita tidak usah repot-repot menggunakan <?php= .... ?>. Cukup dengan {{nama_table->nama_kolom}}.
Terakhir kita atur route nya. Kurang lebih sama dengan pengaturan route pada Controller sebelumnya. untuk memastikan silahkan cek kodenya berikut.

[Tutorial Laravel] Menampilkan Data
route

Jika sudah sesuai, selanjutnya kita jalankan melalui localhost:8000/home dan berikut tampilannya.

[Tutorial Laravel] Menampilkan Data
view data mahasiswa

Mudah bukan? Selanjutnya kita akan belajar Cara Menambahkan Data. Sekian semoga bermanfaat Wassalamualaikum, wr. wb.

Posting Komentar

14 Komentar

  1. saya mencoba menggunakan ini dengan sublime text, tapi kok malah dapat error?

    BalasHapus
  2. saya mencoba menggunakan ini dengan sublime text, tapi kok malah dapat error?

    BalasHapus
  3. setelah saya coba ternyata yang bermasalah pada saat pembuatan link nya, kok bisa begitu?

    BalasHapus
  4. Facade\Ignition\Exceptions\ViewException
    Undefined variable: atlit (View: E:\xampp\htdocs\1\resources\views\atlet.blade.php)
    http://127.0.0.1:8000/kedua
    Hide solutions
    $atlit is undefined
    Make the variable optional in the blade template. Replace {{ $atlit }} with {{ $atlit ?? '' }}


    Make variable optional

    BalasHapus
  5. Kak kenapa yang aku error ya, class 'illuminate\Support\Facades\DB' not found

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di file Controller Kalian harus menambahkan kode use Illuminate\Support\Facades\DB; letakkan sebelum kelas HomeController. Kode ini berguna untuk menjalankan query builder.

      Hapus
  6. gan, kalau menampilkan data dengan form select multiple bagimana caranya ?

    BalasHapus
  7. Saat di akses muncul notifkasi berikut ini, solusinya bagaima : (2/2) QueryException

    SQLSTATE[HY000] [1045] Access denied for user 'homestead'@'localhost' (using password: YES) (SQL: select * from `mahasiswa`)

    BalasHapus
  8. Target class [xxxController] does not exist.
    solusi

    BalasHapus