Tutorial Menggunakan Fluent Strings di Laravel 7

Tutorial Menggunakan Fluent Strings di Laravel 7

Assalamualaikum, wr. wb. teman-teman, Di Laravel 7 kita disediakan fitur baru yang disebut Fluent Strings. Sebenarnya di versi sebelumnya kita sudah disediakan helper String untuk memanipulasi string, namun dengan adanya Fluent String ini syntax yang kita buat dapat lebih mudah dibaca. Selain itu kita dapat menggunakan beberapa operasi string secara bersama-sama atau berantai.

Agar lebih paham mari kita lihat contoh kode berikut.

Helper String versi sebelumnya:

<?php

use Illuminate\Support\Str;

$slice = Str::after('This is my name', 'This is');

// Output = ' my name'

Sekarang bandingkan dengan Fluent String fitur terbaru Laravel 7

<?php

use Illuminate\Support\Str;

$slice = Str::of('This is my name')->after('This is');

// Output = ' my name'

Pada Fluent String lebih mudah dibaca, karena terdapat fungsi of() kemudian diikuti fungsi berikutnya yang ingin kita gunakan untuk memanipulasi string tersebut. Menurut Laravel ini lebih mudah dibaca dibanding cara pada versi sebelumnya.

Contoh lain yaitu dalam penggunaan fungsi limit seperti berikut.

Ini adalah versi lama

<?php

use Illuminate\Support\Str;

$truncated = Str::limit('Hello World', 5);

//Output = Hello...

Bandingkan dengan versi baru menggunakan Fluent Strings

<?php

use Illuminate\Support\Str;

$truncated = Str::of('Hello World')->limit(5);

//Output = Hello...

Oke sekarang silahkan pilih mana yang ingin kalian gunakan, mana yang lebih enak, hehehe. Eitss masih ada lagi nih kelebihan dari Fluent Strings yang tidak ada pada Helper Str laravel versi sebelumnya. Kita dapat menggunakan fungsi String secara berantai.

Berikut adalah contoh penggunakan fungsi berantai untuk memanipulasi string yang merupakan salah satu kelebihan dari Fluent Strings.

<?php

use Illuminate\Support\Str;

$str = Str::of('Programmer')->after('Pro')->limit(4)->upper();

//Output = GRAM...

Oke sekarang akan saya jelaskan maksud dari syntax di atas.

Pertama kita set string yang ingin manipulasi adalah "Programmer" kemudian ada fungsi after('Pro') yang berarti kita mengambil string setelah string "Pro", yaitu "grammer"

Lalu ada fungsi lagi limit(4) yang artinya kita hanya membatasi akan mengambil 4 karakter paling awal, maka kita dapat "gram..."

Terakhir ada fungsi upper() yang berfungsi untuk membuat semua huruf menjadi Besar sehingga kita mendapatkan hasil akhir "GRAM...".

Oke sekian dulu menjelasan kali ini, silahkan kalian eksplor sendiri, karena ada banyak sekali fungsi dari Fluent Strings yang dapat kalian gunakan, silahkan cek di dokumentasi resmi Laravel untuk mempelajarinya lebih lanjut. Mohon maaf jika ada salah kata dalam penjelasan atau jika kurang jelas, silahkan berikan komentar jika ada yang ingin ditanyakan, atau kirim pesan ke kita langsung jika malu, hehehe. 

Sekian Wassalamualaikum, wr. wb.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama