[Tutorial CodeIgniter] Cara Membuat Custom Route dan Menampilkan View #3

Assalamualaikum, wr. wb. teman - teman, kali ini kita akan melanjutkan tutorial CodeIgniter yang masih berkaitan dengan Controller dan Route. Namun kali ini akan membahas juga view. Masih ingat kalau Controller ini yang menangani view dan model (database). Nah, sekarang kita akan membahas yang controller-view terlebih dahulu ya.

Sekarang kita buat file controller baru dengan nama User.php pada folder application/controllers. Kemudian ketikkan kode lengkapnya seperti dibawah ini.

 1
 2
 3
 4
 5
 6
 7
 8
 9
10
11
<?php
defined('BASEPATH') or exit('No direct script access allowed');

class User extends CI_Controller
{

    public function index()
    {
        $this->load->view('users/index');
    }
}

  • Baris 4: Seperti biasa, nama controller harus sama dengan nama file. Dan pastinya harus extends CI_Controller.
  • Baris 9: Kita akan memanggil view dengan nama index.php pada folder users.
Sekarang kita folder baru dengan nama users dan buat file view-nya dengan nama index.php. Nah disini saya taruh di folder application/views/users agar lebih rapi. Setelah selesai dibuat, ketikkan kode berikut pada file view tersebut.

 1
 2
 3
 4
 5
 6
 7
 8
 9
10
11
12
<!DOCTYPE html>
<html lang="en">

<head>
    <title>Users</title>
</head>

<body>
    <h1>Ini Adalah Halaman Index User</h1>
</body>

</html>

Kemudian jalankan di browser dengan mengetikkan URL berikut. Jangan lupa aktifkan XAMPP kalian.

Perhatikan pada url yang saya garis bawah dengan warna biru, itu adalah nama controller kita. Kemudian yang warna merah adalah nama method. Buat yang mengikuti tutorial sebelum ini pasti sudah mengerti tentang format ini. Jika belum bisa dilhat Disini.

Nah sekarang gimana caranya kalau kita mau menghilangkan url user? jadi langsung ke index. Jika kalian hapus url user-nya, pasti akan mendapat pesan error 404 Halaman tidak ditemukan. Maka dari itu kita harus menggunakan custom route. Sekarang buka file routes.php kalian. Kemudian tambahkan kode seperti di bawah ini.

1
2
3
<?php

$route['index'] = 'user/index';

  • Baris 3: Kita inisialisasikan nama route yang kita inginkan, kemudian kita tujukan kemana route tersebut. Dalam kasus di atas, saya inisialisasikan nama route dengan nama index dan yang dituju adalah controller user dengan method index.
Sekarang jalankan dengan format url seperti gambar berikut. Dan kita akan mendapatkan tampilan sesuai yang kita atur pada controller tadi.


Gimana mudah kan? Jika kalian perhatikan url di atas, pasti ada yang mengganjal bukan? yups, jika kalian teliti, di situ terdapat url index.php yang harusnya tidak perlu diikutsertakan. Jadi bagaimana cara menghilangkannya? akan dibahas pada tutorial berikutnya. Sekian semoga bermanfaat, wassalamualaikum, wr. wb.

Baca: Cara Menghilangkan Index.php pada URL CodeIgniter #4

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama