[Tutorial CodeIgniter] Cara Membuat Controller serta Route #2

controller dan route
Assalamualikum, wr. wb. teman-teman. Pada tutorial kali ini kita akan belajar cara membuat controller pada CodeIgniter serta bagaimana penerapan route pada controller. Apa itu controller? Singkatnya yaitu kelas yang menangani komunikasi antara model (database) dengan view.

Namun sebelum melangkah lebih jauh, pada tutorial kali ini kita akan bahas dasarnya dahulu. Untuk membuat kelas controller, kita harus meletakkannya pada folder application/controllers/. Sekarang lihat gambar dibawah ini.

controller welcome.php

File controller Welcome.php di atas adalah bawaan dari codeigniternya. Beberapa catatan penting yang harus diperhatikan dalam membuat controller. Coba perhatikan code lengkapnya dari file Welcome.php berikut.

 1
 2
 3
 4
 5
 6
 7
 8
 9
10
<?php
defined('BASEPATH') OR exit('No direct script access allowed');

class Welcome extends CI_Controller {

 public function index()
 {
  $this->load->view('welcome_message');
 }
}

  • Baris 1: Mencegah kita untuk mengakses secara langsung file controller ini, atau dengan kata lain harus sesuai route yang didaftarkan.
  • Baris 4: Penamaan kelas harus diawali huruf besar dan harus sama dengan nama file. Karena nama file kita welcome maka nama kelasnya pun demikian. Kemudian kelas controller wajib extends kelas CI_Controller (bawaan CodeIgniter).
  • Baris 6: Method index untuk menjalankan kode yang terdapat dalam method tersebut.
  • Baris 8: Fungsi bawaan CodeIgniter $this->load-> akan menampilkan view dari file welcome_message.php, lihat kembali gambar di atas.
Selanjutnya buka file routes.php yang terletak pada folder application/config/. Perhatikan kode berikut ini.

1
2
3
4
5
6
<?php
defined('BASEPATH') or exit('No direct script access allowed');

$route['default_controller'] = 'welcome';
$route['404_override'] = '';
$route['translate_uri_dashes'] = FALSE;

  • Baris 4: Default controller-nya akan menjalankan controller welcome. Jadi jika kita mengakses dengan url localhost/indeveloper maka akan otomatis menjalankan controller dengan kelas welcome tadi
  • Baris 5: Jika url yang dituju tidak ditemukan maka akan menampilkan halaman tertentu, kita bisa mengaturnya sesuai keinginan kita.
  • Baris 6: Apakah kita mengizinkan url kita terdapat dash ( " - " ) jika tidak maka kita beri nilainya FALSE.

Membuat Method Baru

Mari kita buat method baru pada controller welcome tersebut dengan nama home. Lalu kita tambahkan kode seperti berikut.

1
2
3
4
5
6
<?php

public function home()
 {
  echo "Selamat Datang di Halaman Home";
 }

Nah, selain menampilkan view, kita juga dapat menampilkan string pada method. Kemudian untuk mengaksesnya kalian dapat lihat gambar berikut.

jalankan controller

Perhatikan pada url yang saya kasih tanda garis di atas. Garis merah merupakan nama controller sedangkan garis biru merupakan nama method-nya. Jadi format lengkapnya yaitu:

[base_url]/[class_controller]/[method]/

Jika kita memiliki parameter pada method, maka format menjadi seperti berikut:

[base_url]/[class_controller]/[method]/[parameter]/

Oke sudah paham kan? tenang saja nanti kita juga akan bahas lagi mengenai controller dan route ini di tutorial berikutnya. Karena kita akan sering menggunakan dua hal tersebut nantinya. Maka dari itu saya harap kalian sudah dapat memahaminya diawal. Selanjutnya mengenai pembuatan route dan method yang memiliki parameter akan dibahas pada tutorial selanjutnya

Baca: Cara Membuat Custom Route dan Controller View #3

Posting Komentar

0 Komentar