[Tutorial Laravel] Menghapus Data #8

Assalamualaikum, welcome back gaes. Sekarang kita sudah berada di akhir sesi tutorial CRUD nih. Kali ini kita akan belajar cara menghapus data dari database. Sekali lagi saya ingatkan bahwa kita sudah membuat link delete pada tutorial sebelumnya. Bisa dilihat gambar berikut.

link hapus data

Kemudian kita buat route untuk hapus data seperti berikut. Ingat method yang digunakan adalah get, karena kita akan mengirim data (id mahasiswa) melalui url.

route hapus data

Terakhir kita buat fungsi hapus data nya.

fungsi hapus data

Sintak untuk hapus data berdasarkan id mahasiswa yang dikirim adalah table('nama_tabel')->where('id pada table', $parameter_id)->delete();. Oke sekarang kita tes, dan ini hasilnya.

hapus data denga nama NANA

data berhasil dihapus

Sekian tutorial CRUD kali ini. Semoga teman — teman mengerti semua dengan penjalasan yang diberikan. Kita juga akan share banyak tips/triks Framework Laravel. Maka dari itu jangan lupa untuk Like dan Share tutorial ini. Terimakasih mohon maaf jika ada salah kata. Wassalamualaikum, wr. wb.

2 Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Terima kasih banyak kak, saya mengikuti dari #5 cara menampilkan data dan semuanya sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas, sekali lagi terima kasih banyak kak

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama